LOMBOK SELATAN (PANTAI KUTE, PANTAI A'AN)

Hari masih cerah dan menggunakan motor yang sama kami menyebrang balik ke Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur). Waktu penyebrangan 1 jam.

.....

Sampai di Lombok kami langsung tancap gas menuju Lombok Selatan. Destinasi selanjutnya adalah Pantai Kute dan Pantai A'an. Waktu yang kami tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan (Pantai Kute dan A'an jaraknya berdekatan).

Disarankan membawa peta Lombok karena perjalanan dari Timur ke Selatan banyak melewati jalan-jalan kecil, pastikan anda tidak tersesat!

Di tengah perjalanan menuju Kute kami menemukan rumah adat suku Sasak. Rumah adat ini menjadi salah satu arena wisata pula, namun sayang kami tak sempat mampir ke sana karena mengejar hari yang mulai sore.
FYI: Suku Sasak adalah suku asli Lombok.

Perjalanan cukup meletihkan.... suer!!
Di jalan kami sempat berteduh karena hujan, lupa tak bawa jas hujan, jadi sedikit terhambat, tapi Puji Tuhan plang Kute sudah terlewat, itu artinya sudah tak jauh lagi kan? :p

Karena kecapekan, singkat sajanya kami sampai di Kute
*LANGSUNG TEPAR!*

Pantai Kute

Disarankan untuk nikmati sore anda di Kute ini, selain anginnya yang sepay-sepoy, kombinasi senja serta putih pantainya membuat anda terkantuk-kantuk.

....

Setelah kurang lebih sejam tiduran, kami melanjutkan kegiatan dengan berkeliling Kute. Sama seperti area pantai lain di Lombok, di sini banyak ditemukan penginapan, rumah makan, dan tentunya wistawan asing. Kebanyakan dari mereka membawa papan surfing. Keramaian Kute tidak terpusat, tapi menyebar, tidak seperti di Trawangan.

Sore-sore enaknya makan gorengan!
Menepilah kami membeli beberapa gorengan milik warga yang kebetulan asli Jatim. Memang dasarnya lapar, gorengan kali ini terasa enak sekali. Gigitan demi gigitan berlalu sembari memandangi sekelompok anak pantai menjajakan dagangan gelang ke beberapa wisatawan asing yang juga sedang asik menghabiskan waktu.

Mentari pun berlalu, hari mulai gelap..

....

Okay, tebak malam ini kami tidur di mana?

Yang pasti bukan di cottage atau penginapan seperti biasanya.
Kali ini kami tidur ngampar di pantai! :D

Yap, beralaskan pasir pantai dan beratapkan langit serta cantiknya laut yg dibilas terangnya rembulan sejauh mata memandang: KAPAN LAGI KAYAK GINI? :D

.....

Melihat kami asik bersantai ria, giliran kami didatangi segerombolan anak pantai yang berdagang tadi. Selain bermisi menjajakan dagangannya sampai terbeli, kami asik memperbincangkan banyak hal dengan mereka. Adik-adik ini ramah-ramah dan supel sekali. Mengejutkan mengetahui mereka pandai berbahasa Inggris, Jepang, dan sedikit Spanyol. Namun yang paling mengejutkan kami ialah mereka ternyata anak suku Sasak asli! Suatu kebetulan bisa bertemu dengan suku pribumi asli Lombok ini!

Jelas saja malam ini kami banyak memperbincangkan banyak hal, terkhusus adat istiadat suku mereka.
Lumayan buat ilmu dibawa pulang :)

Kami berbincang semalam suntuk, ditemani beberapa warga Sasak lainnya yang ikut nimbrung bersama kami. Kayu bakar menghangatkan perbincangan, saking hangatnya, malam ini mereka ikut tidur pula bersama kami, di pantai ini.

Adik-adik Suku Sasak

Bersama Warga Lokal Dan Adik-adik Suku Sasak

Gati Dan Adik-adik Suku Sasak

4 adik kecil ini memang sudah lama berjualan di pantai Kute. Dagangan mereka pun hasil rajutan sendiri. Salah seorang yang paling besar dari rombongan mereka memberiku gelang kenang-kenangan, yang kini ku eratkan pada pergelangan kakiku, mengikuti kemana daku pergi :)

Bertuliskan "LOMBOK"

Pagi sudah datang dan kami sudah harus berpisah. Gue berharap bisa bertemu adik-adik ini lagi dalam kunjungan berikutnya, tentu dengan kunjungan khusus ke rumah mereka, rumah adat suku Sasak yang tak sempat kami kunjungi.. Agak haru bila mengingat semangat mereka berjualan sembari sekolah. Sampai jumpa adik-adik dan tetap semangat yaa! :')

Pagi Hari, Masih Di Pantai Kute

Perjalanan selanjutnya menuju pantai A'an. Pantai ini tak jauh dari pantai Kute, masih di area yang sama. Berbeda dengan pantai Kute yang pasirnya menyerupai butir merica, pasir pantai A'an putih halus, halus sekali.
Berikut fotonya:

Pantai A'an

Dan dengan demikian selesai sudah Lombok Selatan dengan Kute dan A'annya. Jadwal selanjutnya balik ke Senggigi balikin motor, cari oleh-oleh, lalu cabut ke Bali.

......

Lombok cocok untuk kalian yang gemar wisata pantai. Terlalu banyak pantai dimari. Selain itu, hasil karya laut berupa mutiara dijual murah di sini. Anda bisa mendapatkannya di pusat kota Mataram. Jangan lupa pula cicipi kuliner ayam taliwang yang katanya khas dan pedas, karena kami tak sempat mencicipinya :(