SUMBAWA (PULAU KENAWA, TANAH TANO)

PELABUHAN BANGSAL (LOMBOK BARAT) - PELABUHAN KAYANGAN (LOMBOK TIMUR)


Sampai di Pelabuhan Bangsal sore hari pukul 17.00, kami melanjutkan perjalanan langsung menuju Sumbawa, menggunakan sepeda motor yang kami titipkan sebelumnya. Di jalan menuju Sumbawa anda akan melewati (lagi) Senggigi dan kota Mataram.

Saatnya membelah Lombok dari Barat ke Timur, menuju pelabuhan Kayangan (Lombok Timur). Lama waktu perjalanan  2 jam, dengan kecepatan rata-rata 60-80Km/jam


PELABUHAN KAYANGAN (LOMBOK TIMUR) - PELABUHAN POTOTANO (SUMBAWA)

Sesampainya di pelabuhan Kayangan waktu menunjukkan pukul 21.30. Sembari rehat sejenak kami mencari jadwal penyebrangan ke Sumbawa. Ternyata sama seperti di Gilimanuk, penyebrangan di Kayangan ini on 24 jam!

Biaya penyebrangan: Rp49.500/motor (sudah termasuk pengendaranya, 2 orang)
Kalo anda cuma bawa badan, biayanya Rp18.000/orang
Penyebrangan juga menggunakan Ferry, waktunya kurang lebih 1 jam.

..........

OK! Sekarang sudah di Sumbawa, pengalaman pertama menginjakkan kaki di tanah ini! :D
Kami sampai di Pelabuhan Pototano sekitar pukul 22.30
Rencananya kami akan menginap di rumah Mas Irfan malam ini. 
Mas Irfan adalah seorang nelayan asal Tanah Tano, Sumbawa, yang akan mengantar kami ke Pulau Kenawa esok pagi.

*Kami sudah menjalin komunikasi dengan Mas Irfan sebelum sampai di Sumbawa. Oke, gue ceritain dikit. Pulau Kenawa ini gue tahu dari sebuah blog. Di blog tersebut dijelaskan cara bagaimana sampai di Kenawa, termasuk kontak nelayan (Mas Irfan) yang bisa menghantar kami sampai di sana. Nah, dari informasi di blog itu gue mulai menghubungi Mas Irfan. Selain untuk tanya hal-hal terkait Kenawa, obrolan kami juga perihal tawar-menawar biaya penyebrangan. Lumayan alot, butuh waktu 2 hari untuk deal harga dengan Mas Irfan! Maklum saja, perahu yang digunakan bukan miliknya, tapi milik kakaknya, so harus hitung-hitungan juga dengan kakaknya.

Tawaran pertama Rp400.000/perahu (muat sampai 5 orang, sudah pulang balik) tapi akhirnya kami deal di harga Rp200.000/perahu. Berkat bantuan Loby-an Mas Irfan ke kakaknya kami bisa dapat harga segitu. Itulah sedikit pengantar bagaimana kami bisa kenal dengan  Mas Irfan :)

Kami janji ketemuan di salah satu tempat makan dekat pelabuhan.


*Bagi kawan-kawan yang mau ke Kenawa dan mau menggunakan jasa Mas Irfan, bisa hubungi Beliau di 0878-6375-5769

Mas Irfan orangnya ramah, baru kenal udah bisa cair :)
Dan malam ini kami diperbolehkan numpang menginap di rumahnya :D




Rumah Mas Irfan letaknya di Tanah Tano, tak jauh dari Pelabuhan Pototano. Karena letaknya yang dekat perairan bisa ditebak mayoritas mata pencaharian penduduk adalah nelayan. Rumah tembok masih jarang ditemukan di Tanah Tano, kebanyakan rumah panggung yang terbuat dari kayu. Di sini air juga masih susah, padahal tak jauh dari Tanah Tano ada tambang emas milik Newmont, perusahaan tambang emas terbesar kedua di dunia! (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Newmont_Mining_Corporation)

.......

Setelah istirahat pulas karena letih sepanjang jalan, tak terasa pagi kembali menyapa.
Pagi ini bukan di Senggigi atau di Gili, tapi di Sumbawa!! #excited!
Kami bangun pukul 06.00, sarapan gratis siap diterkam!!


Rumah Mas Irfan (Tanah Tano, Sumbawa Barat)


Okeh, langsung saja yaa, ini dia foto-foto perjalanan kami ke Pulau Kenawa!


Sunrise di Tanah Tano

Di Perahu, Menuju Kenawa 

Menuju Kenawa

Itu Pulau Kenawa!

Sampai Di Pulau Kenawa

PULAU KENAWA




Mendaki Puncak Kenawa

Di Puncak Pulau Kenawa

Sekeliling Pulau Kenawa


Foto Dari Puncak Kenawa







Pulang Menuju Tanah Tano, Membelakangi Pulau Kenawa



Senang rasanya bisa main ke Kenawa!
Pemandangannya bener-bener indah!

Setelah hampir kurang lebih 2 jam bermain-main di Kenawa, kami pulang dan balik ke Lombok, langsung, hari itu juga. Terima kasih Mas Irfan dan keluarga :))
Sumbawa mantap!

Bersama Mas Irfan

17 comments:

  1. pemandangan pulau kenawa bagus banget,,, pengen rasanya kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, pemandangan di kenawa oke punya, ayo segera ke sana!

      Delete
  2. kapan ni mas?? dermaganya masih broo,, bagus

    ReplyDelete
  3. mas, saya mau tanya. jadi grounpya mas ke sumbawa itu naik fery n motor? itu berapa lama perjalanan mas? saya ada rencana mau ke sumbawa dari gili trawangan. mohon etunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kami dari Gili Trawangan langsung menuju Sumbawa Barat naik motor. Waktu perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Pelabuhan Kayangan (Pelabuhan penyebrangan ke Sumbawa) 2 jam-an, tapi itu lumayan ngebut bawanya (80Km/jam), soalnya start dari Trawangan sore hari, maka sepanjang jalan menuju Sumbawa sudah gelap, khawatir ada apa-apa makanya ngebut.

      Nah, supaya lebih aman dan gak keburu, mending Mas-nya berangkat pagi atau siang menuju Sumbawa. Sampai di Pelabuhan Kayangan, tinggal nyebrang aja pake feri, motor ikut dibawa nyebrang. Penyebrangan ke Sumbawa buka 24 jam, jadi gak perlu khawatir. Lama penyebrangan 45-60 menit, deket aja kok. Jadi total waktu dari Pelabuhan Bangsal sampai Pelabuhan Pototano (Sumbawa) adalah 3 jam.

      Ada lagi? :)

      Delete
  4. Mas mau tanya, di pelabuhan pototano ada yang menyewakan life jacket ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, saya gak tau, karena waktu itu memang tak ada kebutuhan untuk itu. Kalau boleh tau, untuk keperluan apa ya?

      Delete
  5. mas, mau tanya, kalau dari lombok gili trawangan ke sumbawa itu bagaimana? terus dari sumbawa ke pulau kenawa juga bagaimana? maksud nya dari segi transportasi serta ongkosnya. terima kasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Nursya, terima kasih atas pertanyaannya.

      Jadi kalau startnya dari Gili Trawangan, kita mesti nyebrang ke Pelabuhan Bangsal dulu. Penyebrangan dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal, dan sebaliknya, selalu ada sepanjang hari. Berikut rincian biaya penyebrangan menggunakan kapal (tahun 2012):

      Rp8.000/orang dari atau ke Gili Air*
      Rp9.000/orang dari atau ke Gili Meno*
      Rp10.000/orang dari atau ke Gili Trawangan*

      *Tarif penyebrangan belum termasuk retribusi dari Pemerintah Kabupaten sebesar Rp2.500/orang

      Setelah sampai di Bangsal, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kayangan. Nah, kalo yg ini bener-bener perjalanan jauh, dari Barat ke Timur. Tapi gak perlu khawatir, jarak tempuhnya sekitar 2 jam-an saja kalo naik motor. Gunakan aplikasi Google Maps agar memudahkan!

      Oo iya, aku tidak tahu informasi penggunaan transportasi publik menuju Pelabuhan Kayangan, soalnya kemaren menggunakan motor sewaan, dan aku sih merekomendasikannya pakai motor sewaan saja, karena lebih fleksibel, hehe

      Kalo udah sampai di Pelabuhan Kayangan, Mbaknya tinggal nyebrang aja deeh pakai Fery ke Pelabuhan Pototano (Sumbawa). Biaya penyebrangan: Rp49.500/motor (sudah termasuk pengendaranya 2 orang) atau Rp18.000/orang (kalau tidak bawa motor). Waktu penyebrangan kurang lebih 1 jam dan penyebrangannya selalu ON 24 jam!

      Nah, sekarang sudah sampai di Pulau Sumbawa nih.
      Kalau Mbaknya sudah sampai di Sumbawa dan mau ke Kenawa, gampang! Di sekitar pelabuhan ada banyak perahu nelayan, Mbak tinggal lobby penggunaan perahu mereka ke Kenawa.

      Tapi kalo ndak mau repot, aku ada kenalan sih, namanya Mas Irfan, dia yg kemaren nyebrangin aku dan rombongan ke Kenawa. Tarifnya lumayan bersahabat, Rp200,000 utk 5 orang (Mmm mungkin sekarang sudah naik), dan itu sudah bolak-balik. Kalo berminat, hubungi saja nomor ini 0878-6375-5769 (Mas Irfan).

      Jadi kesimpulannya, dari Gili Trawangan kita mesti ke Bangsal dulu, habis dari Bangsal ke Pelabuhan Kayangan, habis dari Pelabuhan Kayangan nyebrang ke Pelabuhan Pototano (Sumbawa), habis itu kalo mau lanjut ke Kenawa tinggal sewa perahu nelayan dan nyampe deh. Mudah kan? Hehehe

      Begitu kira-kira jawabannya. Selamat berlibur! :)

      Delete
  6. Mas, kalo dari Gili trawangan menuju pulau moyo bagaimana rute dan estimasi biaya nya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, aku belum pernah ke Pulau Moyo tuh, jadi tidak tahu. Maaf ya

      Delete
  7. wah,,, pingin banget kesana. makasih infonya ya. akhir taun mau kesana

    ReplyDelete
  8. sewa motor kemaren dimana lae dan brapa.? Aku minta cp rental motornya lae, mauliate

    ReplyDelete