LOMBOK BARAT (TRIO GILI)

Malam tadi hujan deras, namun ketika bangun sudah berhenti. Dalam pikiranku saat itu 'Mudah-mudahan air laut tak keruh', karena pagi ini kami akan snorkeling ria di Trio Gili (Trawangan, Air, Meno). 

Ok, sebelumnya gue mau jelasin jenis jasa snorkeling yang ada di sini, ada 2 macem.
Pertama, mandiri: artinya anda sewa sendiri peralatan snorkelingnya dan anda juga yang cari sendiri spot snorkelingnya. Di sepanjang pulau banyak yang menyewakan alat snorkeling. Biayanya kurang lebih Rp35.000 (biasanya belum sama pelampung).

Atau alternatif kedua, ikut yang paketan. Kami ikut yang ini. Biayanya Rp100.000/orang
Di paket ini lo bakal dapet full set snorkeling (plus pelampung dan kaki katak) serta transportasi boat ke 3 titik snorkeling di 3 Gili. Sudah jelas, gue saranin lo ambil alternatif ini karena PUAS DAN GAK RIBET, TINGGAL BAWA BADAN TERUS NYEMPLUNG.


Dimana kita bisa temukan alternatif ini? Tenang, di sepanjang Gili Trawangan ada beberapa agen yang menawarkan paket snorkeling. Tetapi beberapa agen memiliki isi paket yang berbeda. Berbeda apanya? Misalnya berbeda destinasi. Ada yang tidak di 3 Gili, tetapi di spot lain. Ada pula spotnya sama, tapi dapat tambahan cola dingin. Intinya: beda agen, beda penawaran. Tinggal pintar-pintarnya anda mencari.


*Jasa Snorkeling Paketan
TRAWANGAN TOURIST SERVICE
Wawan
0878-6494-1883

Semalam sebelumnya kami sudah deal dengan agen ini dan buat janji untuk ketemu pukul 10.00. Setelah say hi pagi dan menitip barang bawaan, kami diajak menuju boat di mana wisatawan lainnya juga sudah berkumpul untuk ber-snorkeling ria.

Langsung cek aja foto-fotonya!





Gili Trawangan

Ngasih Makan Ikan Di Gili Air




Lunch Di Gili Air

Gili Meno



Bila beruntung anda bisa bertemu penyu. Dan kami termasuk yang beruntung :)
Sayang, moment penting itu tak bisa diabadikan karena keterbatasan alat.

Alam bawah laut Trio gili secara keseluruhan lumayan oke, terkhusus karang-karangnya, ada yang masih bewarna, ada pula ikan-ikannya. Tapi di beberapa spot lain ada juga yang sudah hancur. Sayang banget..


*Oo iya, sebelum ke Gili Meno kami sempat di drop di Gili Air untuk makan siang. Setelah makan siang, kami sempatkan diri untuk mengelilingi pulau ini, dan ternyata lumayan sepi, gak seramai Trawangan.

*FYI: Makan siang di Gili Air bayar sendiri ya, di luar paketan :p


Setelah snorkeling ria hampir 4 jam kami balik ke pelabuhan Bangsal, tinggalkan Trio Gili langsung sore ini juga.. Pengalaman yang menyenangkan di Trawangan, Meno, dan Air.

Fresh sea food dijajakan di sana sini. Beer bintang sudah seperti air putih dan merek Aqua yang susah dicari. Kehidupan malam tak ada matinya, serta musik reggae plus lilin malam yang tak akan padam hingga Mentari terbangun.


Trio Gili mantap!

2 comments: