YOGYAKARTA - LOMBOK (NUMPANG LEWAT)

Yogyakarta (Stasiun Lempuyangan)-Banyuwangi (Stasiun Banyuwangi Baru)

SRI TANJUNG
07:30-21.15
Rp35.000/orang

14 JAM BOS!!
Gilak, jauh banget. 14 jam itu jarak dari tengah jawa (Yogya) sampe ke timur (Banyuwangi). Kalo dari tengah (Yogya) ke barat (Bandung): 9 jam, pake kereta juga. Waktu tempuh Bandung ke Jakarta: 3 jam. Kesimpulan: Jakarta-Banyuwangi= 26 JAM! Selamat membelah Pulau Jawa.

Okey, dalam perjalanan menuju Banyuwangi, anda akan melewati banyak kota/kabupaten seperti Klaten, Solo, Sragen, Madiun (jangan lupa cicipi pecel Madiunnya), singgah di Surabaya sebentar saja, lalu lanjut ke Sidoarjo (sayang lumpurnya ga kelihatan), Pasuruan, Jember, hingga tiba di stasiun akhir Banyuwangi.

Anyway, dalam perjalanan yg jauh ini, coba sesekali uji pendengaran dan lidah anda dengan memperhatikan logat pedagang dan mecicipi dagangannya, kemudian tebak sudah di daerah mana kah anda. Beda daerah=beda logat=beda dagangan, sob!

Saran: Jangan lupa bawa kartu atau sejenisnya agar belasan jam perjalanan anda tak terlalu membosankan :)

Sesampainya di stasiun Banyuwangi Baru pastilah malam hari. Kalo sudah begini, tinggal ngesot kira-kira 100 meter ke dermaga Ketapang (pelabuhan di Banyuwangi) untuk menyebrang ke Gilimanuk (Pelabuhan di Bali).








Banyuwangi (Pelabuhan Ketapang)-Bali (Pelabuhan Gilimanuk)


Biaya penyebrangan Rp6.000/orang menggunakan Ferry. Penyebrangan ke Bali selalu ada 24 JAM non-stop, jadi tenang kalo anda tiba malem hari seperti kami.

Lama waktu penyebrangan 30-45 menit. Jangan lupa persiapkan KTP bila ingin ke Bali, karena setibanya di Bali akan ada pemeriksaan KTP.




BALI (Pelabuhan Gilimanuk)-BALI (Pelabuhan Padang Bai)


Setelah pemeriksaan KTP di pintu keluar dermaga, kita jalan saja sedikit lagi untuk gapai terminal busnya. Di sana sudah ada beberapa jasa angkutan menuju Bali (Kota/Denpasar), termasuk ke pelabuhan Padang Bai (Bali Timur), sebab Bali yang anda injak setelah turun dari Ferry itu barulah Bali pinggiran (barat). Untuk ke pusat kotanya (Denpasar), perlu waktu 3-4 jam perjalanan menggunakan bus.


Dan kenapa kita menuju Pelabuhan Padang Bai bukan ke terminal Denpasar (pusat kota)? Karena tujuan pertama kita adalah Lombok. Bali dinikmati nanti saat arus balik dari Lombok. Kita ambil titik terjauh terlebih dahulu. Mantap!

Oke, sekarang cari bus jurusan Gilimanuk-Padang Bai (bus tujuan Padang Bai juga akan berhenti sebentar di Terminal Ubung/Denpasar, jadi bila tujuan anda ingin ke Denpasar saja, anda bisa gunakan bus jurusan ini). Bagi yang turun di Denpasar biayanya Rp30.000/orang, yang turun di Padang Bai Rp40.000/orang



Bali (Pelabuhan Padang Bai)-Lombok (Pelabuhan Lembar)


Bus Ke Padang Bai


Di Pelabuhan Padang Bai












Setibanya di Pelabuhan Padang Bai, beli lah tiket Ferry dengan harga Rp36.000/orang. Waktu penyebrangan ke Lombok adalah 4 jam, bila angin kencang dan ombak agak sedikit galak waktu perjalanan menjadi lebih lama.



*Selama di Ferry, sempatkan keluar melihat segerombolan lumba-lumba cantik ini menyambut anda :D













No comments:

Post a Comment