BLITAR (JAWA TIMUR)

Setelah puas dengan Batu gue bermalam di Malang. Keesokan harinya: Selamat pagi dari Malang, sudah waktunya melanjutkan perjalanan ke kota sebelah, masih di Jawa Timur juga, Blitar! Tetep pake kereta, sendirian.
Ok, mari kita kemon!

PENATARAN DHOHO
MALANG-BLITAR
10:42-12:55
Rp4.000/orang


Waktu perjalanan gak begitu lama, kurang lebih 2 jam. Nyampe Blitar siang terik. Di sini gue tidak menginap, destinasi utama hanya ke komplek Bung Karno (museum, makam, dan perpustakaannya), sebab setelah itu gue langsung cabut ke Kediri.

Sekeluarnya dari stasiun banyak jasa becak yang ditawarkan sebagai moda tranportasi keliling Blitar. Biaya becak dari stasiun ke makam Bung Karno Rp20.000, dipikir-pikir lumayan jauh sih. Dan karena tujuan gue hanya ke 1 tempat, maka sekalian saja gue pesan jasa ini bolak-balik

...........

Anyway Blitar termasuk kota yang bersih. Di sana-sini identik dengan warna merah.

Dan uniknya lagi, sepengamatan gue sepanjang jalan menuju makam Bung Karno, jarang ku temukan alfamart/indomaret atau sejenisnya, rata-rata toko kelontong usaha rakyat. Denger-denger sih emang kebijakan Pemda setempat menekan keberadaan indo/alfamart itu. Keren juga yaa. Pro-rakjat bet! 

Sampai di komplek Bung Karno warga akan menawari anda bunga-bungaan untuk keperluan nyekar dengan harga Rp3.000/bungkus. Ok, langsung aja ya, ini dia..



Patung Bung Karno

Di Museum


Makam Bung Karno, Tampak dari Luar

Makam Bung Karno Dan Kedua Orangtuanya

Di sekitar komplek juga banyak dijual hasil kerajinan tangan seperti kaos bermotif nasionalisme dan kuliner khas Blitar. Harga relatif murah, untuk kaos berkisar Rp30-50.000. Waktu gue di sini hanya 2 jam. Setelahnya gue bergegas balik ke stasiun untuk mengejar kereta arah Kediri!

*Tiket ke kediri sudah dibeli sebelumnya ketika sampai di Blitar, biar gak kehabisan

Blitar cocok buat anda yang Soekarnois sejati. Anda bisa mengenal lebih dekat tentang beliau: Ngelihat langsung kerisnya, pakaiannya, atributnya, foto-fotonya zaman perjuangan, baca buku-buku tentang dia, dan ziarah ke makamnya.

Blitar pokoknya Soekarno pisan lah!!

1 comment: